tested, AMD, Enable opencl diUbuntu 20.04

tested, AMD, Enable opencl diUbuntu 20.04
Kamis, 23 Juli 2020

Salam, sedikit cerita permasalahan saya soal driver gpu diubuntu 20.04 yang dimana opencl (render, keperluan saya buat editing) nya masih disable. terutama yang memakai igpu seperti saya, ceritanya lagi buka software blender, lalu saya cek opsi render nya di Tab Edit> Preferences> System> Cycles Render Devices, posisi opencl masih disable, saya cari diweb amd, nah ada driver amdgpu buat ubuntu 20.04. , saya menggunakan APU, igpu vega 8 r3 3200g.


Saya menggunakan kernel 5.4.0-42-generic, tetapi opencl masih disable.
$ sudo apt install clinfo
$ clinfo 0 (0 artinya masih disable).

  • Oke langsung saja, download terlebih dahulu drivernya (proprietary).
    • pilih yang Radeon™ Software for Linux® version 20.20 for Ubuntu 20.04
  • klik kanan mouse pada folder amdgpu-pro-20.20-1098277-ubuntu-20.04 lalu pilih open in terminal.
    • diterminal ketik $ ./amdgpu-install --opencl=legacy,pal enter, tunggu proses sampai selesai (diperlukan koneksi internet).
    • lalu cek lagi, $ clinfo.

    • saya cek lagi diblender.

akhirnya opencl sudah enable, semoga bermanfaat wassalam.

Open Comment
Close Comment

Belum ada Komentar untuk "tested, AMD, Enable opencl diUbuntu 20.04"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel